suratkabar.com

Japanese Yakimono
Bali Incense

Domain For Sale

suratkabar.com

News Indonesia SuratkabarCom

The Latest News.....

Unik, Kartu Pos Kuno Surabaya
19/12/2004 (21:00)

JAKARTA (LoveIndonesiaPhilately) - Ada banyak pilihan untuk mengoleksi suatu benda. Salah satunya adalah koleksi kartu-kartu pos bergambar. Kolektor kartu pos bergambar semacam itu mengumpulkan benda-benda koleksi dengan beragam cara. Ada yang mengumpulkan semua kartu pos dari mana saja, namun ada yang mengkhususkan diri dengan spesialisasi koleksi yang lebih terperinci.

Spesialisasi koleksi itu sendiri bisa dibagi ke dalam berbagai kategori. Ada yang mengumpulkan kartu pos bergambar dari masa tertentu, misalnya di Indonesia, ada kolektor yang mengkhususkan mengumpulkan kartu pos dari masa sebelum Perang Dunia I tahun 1918, lalu ada yang mengumpulkan kartu pos dari masa sampai akhir Perang Dunia II tahun 1945, dan ada juga yang mengumpulkan kartu pos dari kurun antara Indonesia merdeka di tahun 1945 sampai masa kini.

Ada lagi yang lebih spesifik. Kolektor-kolektor semacam ini mengumpulkan kartu pos sesuai dengan tema yang diminatinya. Tak heran bila ada kolektor yang khusus mengumpulkan kartu pos dengan gambar kuda, pesawat terbang, kegiatan pramuka, hotel-hotel di sebuah negara, dan banyak lagi.

Di antara sekian banyak koleksi yang spesifik itu, tentu banyak juga yang mengumpulkan kartu pos dari suatu kota yang mengingatkan kenangan tertentu bagi diri kolektor itu. Di Indonesia dan beberapa negara lain misalnya, ada kolektor yang khusus mengumpulkan kartu pos bergambar Jakarta tempo dulu maupun kota-kota lain di masa pendudukan Hindia-Belanda.

Termasuk yang juga banyak diminati adalah kartu pos bergambar dari Surabaya di zaman Hindia-Belanda itu. Lebih unik lagi, ada yang mengumpulkan kartu pos bergambar kota Surabaya hanya bila kartu pos itu benar-benar dikirim dari kantor pos di Surabaya, jadi pada bagian belakang kartu pos itu ada cap (stempel) pos kota Surabaya.

Cap pos Surabaya dari masa Hindia-Belanda memang beragam. Ada yang menggunakan nama "Soerabaja", "Soerabaija", dan lainnya. Salah satu bentuk cap pos itu kini digunakan untuk acara bertajuk Festival dan Pameran Filateli Nasional Soerabaija 2004 yang berlangsung di Plenary Hall, Plaza Tunjungan I, Surabaya, Jawa Timur, 16-21 Desember 2004. Dalam pameran tersebut, pengunjung dapat melihat betapa beragamnya koleksi para filatelis, termasuk banyaknya jenis dan bentuk cap pos yang dibubuhkan pada surat pos maupun kartu pos.

Surabaya memang kota yang selalu aktif mengadakan kegiatan untuk menunjang hobi filateli. Menurut catatan Pieter Storm van Leeuwen, seorang pedagang prangko asal Belanda, pameran filateli yang pertama di Indonesia diselenggarakan tanggal 8-9 Januari 1930 di Malang, Jawa Timur. Setahun kemudian pada tanggal 3-5 April 1931 Soerabajasche Vereeniging van Postzegelverzamelaars (Perkumpulan Kolektor Prangko Surabaya) menggelar pameran filateli di Jalan Embong Malang, Surabaya.

Kini, 75 tahun setelah pameran filateli yang bersejarah itu, kembali Surabaya akan menggelar Panfila yang secara kebetulan terletak berdekatan dengan Jalan Embong Malang, tempat penyelenggaraan pameran di masa lalu.

Sebelumnya, pada 1993, Surabaya menjadi kota pertama di Indonesia yang menjadi penyelenggara pameran filateli kompetitif tingkat internasional. Saat itu, diselenggarakan Pameran Filateli Asia- Pasifik "Surabaya '93" yang sukses besar dan dikunjungi ratusan ribu orang.

Kini, dalam pameran yang diadakan di akhir tahun 2004, pengunjung juga dapat menyaksikan dan mengikuti berbagai acara pendukung lainnya. Termasuk yang menarik untuk dibeli dan dikoleksi adalah lukisan-lukisan karya perupa Indonesia terkemuka, Sunaryo, yang dijadikan sebagai desain utama lembar kenangan (souvenir sheet) yang diterbitkan untuk menyambut pameran "Soerabaija 2004" kali ini. Ada tujuh lembar kenangan yang akan diterbitkan Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi. Lembar-lembar kenangan itu diperkirakan akan segera habis terjual, karena bentuknya yang indah dan jumlah cetaknya yang terbatas. (B-8)

----------------------------------
Suara Pembaruan 19 December 2004
Last modified: 16/12/04


HOME | Today's News | Shopping | Add URL

Copyright 1999-2004 © SuratkabarCom Online