suratkabar.com

Japanese Yakimono
Bali Incense

Domain For Sale

suratkabar.com

News Indonesia SuratkabarCom

The Latest News.....

Dari Arnold Schwarzenegger sampai Panfila 2004
15/08/2004 (21:00)

JAKARTA (LoveIndonesiaPhilately) - Gubernur Kalifornia, Amerika Serikat, Arnold Schwarzenegger, yang juga bintang film idola banyak orang, kini semakin terkenal. Baru- baru ini, Dinas Pos Austria menerbitkan prangko bergambar Arnold Schwarzenegger dengan harga satuan (nominal) 100 sen Euro atau 1 Euro. Prangko bintang laga dengan latar belakang bendera AS dan Austria itu merupakan bagian dari seri prangko "Tokoh-tokoh Austria di Luar Negeri".

Sebagaimana diberitakan Associated Press, prangko itu diterbitkan 30 Juli 2004, bertepatan dengan ulang tahun ke-57 Schwarzenegger. Prangko yang menggambarkan potret Schwarzenegger dengan busana resmi berupa jas lengkap itu didesain oleh Hannes Margreiter, dan dicetak dalam jumlah 600.000 keping. Sejumlah kalangan memperkirakan, prangko itu akan segera habis terjual. Pembelinya bukan hanya kalangan filatelis (kolektor prangko dan benda-benda pos lainnya), tetapi juga para penggemar Arnold Schwarzenegger dari berbagai negara.

Arnold memang beruntung, masih hidup tapi wajahnya sudah dapat dijadikan desain prangko. Dibandingkan Austria, Indonesia lebih ketat peraturannya untuk menerbitkan prangko. Tokoh yang masih hidup dan dapat dijadikan desain prangko hanyalah Presiden dan Wakil Presiden RI. Lainnya, kalau mau tampil dalam prangko, terpaksa menggunakan prangko yang dikenal dengan nama Prisma, singkatan dari Prangko Identitas Milik Anda.

Prangko Prisma kini ada beragam desainnya. Ada yang desainnya gambar ikan hias jenis ikan koi, gambar burung, gambar tangan berjabat tangan, dan gambar bunga. Di sebelah prangko, ada bidang kosong yang dipisahkan oleh perforasi (gigi prangko). Di bidang kosong itulah, siapa pun yang berminat dapat mencetak wajahnya atau lambing lembaga dan perusahaan bersangkutan. Tak heran bila prangko Prisma, selain digunakan untuk berkirim surat, juga dimanfaatkan untuk media promosi sejumlah orang, lembaga dan perusahaan.

Berbicara mengenai prangko Indonesia, bertepatan dengan HUT ke-59 Proklamasi Kemerdekaan RI, Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi (Ditjen Postel) akan menerbitkan prangko seri "Kendaraan Kepresidenan RI". Prangko yang desainnya cukup indah itu akan terbit tepat pada 17 Agustus 2004.

Sementara itu, menyambut kegiatan pramuka berupa jambore udara dan jambore internet yang pertama kalinya diadakan di kawasan Asia- Pasifik dan Gerakan Pramuka dipercaya sebagai penyelenggaranya, PT Pos Indonesia telah menerbitkan sampul peringatan the First Asia- Pacific Air Internet Jamboree 2004. Sampul (amplop) khusus itu diterbitkan dalam jumlah terbatas, hanya sebanyak 3.000 lembar. Pada saat pembukaan acara itu di Kompleks Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, awal Agustus lalu, Menteri Negara Komunikasi dan Informasi, Syamsul Muarif, telah menandatangani sejumlah sampul peringatan tersebut.

ISTIMEWA

SAMPUL PERINGATAN - Sampul peringatan the First Asia-Pacific Air Internet Jamboree 2004 yang diterbitkan PT Pos Indonesia dalam jumlah terbatas.

Cukup Banyak

Penerbitan prangko dan sampul peringatan itu hanyalah sebagian kecil dari aktivitas filateli, sebagai hobi mengumpulkan dan mempelajari prangko dan benda pos lainnya. Walaupun saat ini telah banyak hobi lainnya yang terlihat lebih menantang, seperti main computer game, internet, bahkan extreme sports, kegiatan filateli masih cukup banyak dilakukan.

Akhir Agustus 2004, akan diadakan suatu lokakarya filateli di Yogyakarta. Penyelenggaranya, Ditjen Postel, mengundang sejumlah narasumber untuk memeriahkan acara sehari penuh itu. Sementara itu, sebulan kemudian di Bandung akan diadakan suatu pameran filateli tematis dan sekaligus pameran mata uang.

Namun bagi para filatelis Indonesia, tampaknya yang paling ditunggu- tunggu adalah Pameran Filateli Nasional (Panfila) 2004 yang akan diadakan pertengahan Desember mendatang di Surabaya. Dalam pameran itu akan tampil koleksi-koleksi terbaik para filatelis Indonesia untuk ikut dalam kompetisi memperebutkan sejumlah medali. Di samping itu, akan diadakan pula pertemuan wakil-wakil filatelis dari berbagai daerah di Indonesia, melalui Rapat Tahunan Nasional Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI), yang diadakan bersamaan dengan Panfila.

Di tingkat internasional, akhir Agustus sampai awal September 2004 di Singapura akan berlangsung pameran filateli bertajuk World Stamp Championship, yang khusus memamerkan koleksi-koleksi terbaik dari seluruh dunia untuk berkompetisi memperebutkan medali dan penghargaan sebagai koleksi terbaik tingkat dunia.

Selain pameran yang bersifat kompetisi, diselenggarakan pula Kongres Federation Internationale de Philately (FIP), sebagai federasi tingkat dunia di bidang filateli. Indonesia lewat PFI juga mengirimkan delegasinya pada acara itu.

Hal yang mencuat dalam pokok bahasan adalah semakin meningkatkan hobi filateli di kalangan kaum muda dan masyarakat pada umumnya. Suatu hal yang juga menjadi perhatian PFI. Namun mengajak kaum muda mencintai filateli, tentu tidak bisa dengan paksaan atau sekadar penyuluhan dan lokakarya saja. Perlu ada kegiatan berkesinambungan.

"Pokoknya, harus dibikin supaya kegiatan filateli itu fun, menyenangkan dan bikin orang betah aktif berfilateli," ujar seorang filatelis senior beberapa waktu lalu, dan ditambahkannya, "Tapi bagaimana caranya?".

Inilah yang perlu dicarikan jawabannya.

Semoga terjawab. (B-8)

SUARA PEMBARUAN DAILY 15 Agustus 2004

Last modified: 12/8/04


HOME | Today's News | Shopping | Add URL

Copyright 1999-2004 © SuratkabarCom Online