suratkabar.com

Japanese Yakimono
Bali Incense

Domain For Sale

suratkabar.com

News Indonesia SuratkabarCom

The Latest News.....

Prangko 50 Tahun KAA Diterbitkan
17/04/2005 (21:00)


JAKARTA (SuratkabarCom) - Menyambut peringatan 50 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA), Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi menerbitkan satu seri yang terdiri dari dua prangko dengan desain berbeda. Prangko tersebut diterbitkan tepat 18 April 2005, 50 tahun setelah peristiwa bersejarah itu terjadi di Bandung, Jawa Barat.

Prangko peringatan itu adalah hasil karya para pemenang lomba desain prangko nasional. Masing-masing karya Heru Susanto (pemenang utama) dan Khaerul (pemenang harapan). Karya Heru Susanto menggambarkan wajah para tokoh dalam KAA 50 tahun lalu, sementara karya Khaerul menampilkan angka "50" yang di bagian angka "0" terdapat gambar seekor merpati lambang perdamaian.

Tiap prangko berukuran 30,00 mm x 80 mm, dengan perforasi11,50 + 1 oval x 14,50. Prangko yang dicetak di Perum Peruri itu, menggunakan kertas putih tanpa tanda air, dengan perekat PVA. Sedangkan proses cetaknya adalah kombinasi offset dengan rotogravure, dan menggunakan lima warna.

Tiap prangko berharga satuan (nominal) Rp 2.500, dan prangko itu dicetak dalam komposisi 14 keping per lembar. Jumlah cetaknya amat terbatas hanya 350.000 set saja.

Selain itu diterbitkan pula lembar kenangan (souvenir sheet) berharga satuan Rp 2.500, sebanyak 30.000 lembar. Benda filateli itu dirancang oleh Pos Kreatif dari PT Pos Indonesia, dan desain utamanya diambil dari karya Heru Susanto.

Masih ada lagi benda filateli lainnya. PT Pos Indonesia menerbitkan sampul hari pertama (SHP). Ini adalah amplop surat yang di bagian kiri depan dicetak gambar atau oleh para filatelis disebut dengan cachet, lalu di bagian kanan depan ditempel prangko dan dibubuhi cap pos khusus hari terbit pertama. Cachet pada SHP tersebut merupakan karya Supari, pemenang harapan lomba desain prangko yang sama. Gambarnya mengisahkan peluru kendali yang tak bisa melesat dan menghancurkan dunia, karena diikat oleh persahabatan yang kuat bangsa- bangsa di Asia dan Afrika. SHP tersebut dicetak terbatas hanya 4.000 set dengan harga Rp 7.000 per lembar.

Hal menarik dalam penerbitan prangko kali ini, bila seseorang membeli prangko dalam lembaran besar, maka di antara dua prangko ada bagian yang oleh para filatelis disebut gutter. Bagian itu dicetak logo Asian-African Summit 1995-2005 dan gambar gedung KAA yang terletak di Jalan Asia Afrika, Bandung.

Penerbitan prangko kali ini diperkirakan akan disambut hangat para filatelis maupun kolektor benda-benda bersejarah. Khusus untuk para filatelis, selain yang memang mengoleksi seluruh penerbitan prangko Indonesia, filatelis yang mengumpulkan koleksinya dengan tema tokoh dan arsitektur, diperkirakan akan tertarik juga mengoleksinya. Ini mengingat desain utamanya bergambar tokoh-tokoh KAA dan arsitektur gedung KAA di Bandung. (B-8)
----------------------
Last modified: 14/4/05
Suara Pembaruan 17 April 2005


HOME | Today's News | Shopping | Add URL

Copyright 1999-2005 © SuratkabarCom Online