suratkabar.com

Japanese Yakimono
Bali Incense

Domain For Sale

suratkabar.com

News Indonesia SuratkabarCom

The Latest News.....

Wisata Filateli, Menarik dan Menyenangkan
17/10/2004 (21:00)

JAKARTA (LoveIndonesiaPhilately) - Jangan pernah berpikir bahwa hobi filateli hanya berkutat di dalam ruangan terus-menerus dan dalam suasana yang membosankan. Filateli bisa menjadi hobi yang menarik dan menyenangkan apabila sekali-kali dilakukan di luar ruangan, yaitu dengan wisata filateli.

Bagi filatelis yang sering bepergian dan melakukan perjalanan ke luar kota, hal itu sekaligus untuk menyalurkan hobi traveling dengan berkunjung ke kantor pos setempat. Apalagi jika mempunyai kesempatan untuk mengunjungi kantor pos kecil di suatu daerah.

Apabila berkunjung ke kantor pos di kota besar, filatelis bersangkutan bisa mencari benda-benda filateli di loket yang tersedia.

Selain itu filatelis memperoleh kesempatan untuk melihat bentuk bangunan kantor pos dan jenis pelayanan yang ada. Banyak gedung kantor pos di antaranya merupakan gedung tua peninggalan Belanda yang masih tegak berdiri.

Untuk membuat kenangan wisata filateli dalam perjalanan, filatelis dapat mengambil gambar bangunan kantor pos tersebut apabila mungkin membuat kartu maksimum dengan foto tersebut, kemudian menempelkan prangko secukupnya untuk dikirmkan ke rumah sehingga sekaligus memperoleh cap pos dari kantor pos setempat.

Dari pengalaman penulis selama ini ketika berkunjung ke satu hotel atau daerah selalu menyempatkan mengunjungi kantor pos setempat, banyak kantor-kantor pos besar yang berada di seputar alun-alun di pusat kota.

Mengapa demikian? Inilah ciri khas tata kota peninggalan zaman Belanda di mana pusat pemerintah ada di alun-alaun. Contoh kantor pos yang demikian berada di Magelang, Malang, Yogyakarta, Tulungagung, dan Surabaya Kebonrojo.

Membahas tentang kantor pos tentu tak lepas hubungannya dengan kertas surat, amplop, kartu pos bergambar, dan prangko. Deretan kios-kios dan pendagang kaki lima yang menjual benda-benda pos tersebut banyak dijumpai di depan kantor pos seperti di depan kantor pos Makassar, kantor pos Surabaya Kebonrojo, termasuk kantor filateli di Jalan Pos, Jakarta.

Selain kantor pos besar, ada kantor pos pembantu dan loket ekstension. Bentuk kantor pos ini kecil, namun pelayanan yang tersedia hampir semua ada. Kantor pos ini ada yang berdiri sendiri, dan ada yang berada dalam lingkungan universitas negeri dan swasta.

Kantor pos di Jl. Gombong terletak di dalam lingkungan Universitas Negeri Malang, kantor pos Unversitas Brawijaya, kantor pos di Universitas Muhammadiyah Malang yang termasuk loket ekstension adalah sebagian kecil kantor pos yang ada di Malang.

Kantor pos di Universitas Indonesia, kantor pos di Universitas Trisakti, dan kantor Meruya Ilir Jakarta Barat antara lain yang berada di Jakarta.

Lain kantor pos di kota besar, lain lagi kantor pos yang ada di daerah, misalnya kantor pos yang berada di Saroako, Letaknya dari Palopo, kota yang terdekat, perlu waktu 4 jam perjalanan darat.

Di kantor pos ini tidak tersedia layanan surat kilat khusus karena jangkauan wilayahnya yang tidak memungkinkan. Pegawai pos yang hanya dua orang sudah mengenal baik penduduk di sini, demikian juga sebaliknya, sehingga ada jalinan keakraban.

Dari uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa hobi ini tak selamanya membosankan, sebaliknya dapat memperluas wawasan tentang sisi lain dari filateli dilihat dari sudut wisata perjalanan filateli.

Vita Priyambada

Suara Pembaruan 17 Oktober 2004
Last modified: 14/10/04


HOME | Today's News | Shopping | Add URL

Copyright 1999-2004 © SuratkabarCom Online